Kandungan Antioksidan Dalam Kopi




Antioksidan kopi, mudahnya, adalah antioksidan yang ditemukan pada biji kopi dan minuman yang terbuat darinya. Antioksidan adalah substansi pelawan kanker yang mengurangi atau mencegah efek oksidasi dalam sel dan jaringan tubuh. Melanoidin dan caffeic acid merupakan contoh dari antioksidan yang ditemukan dalam kopi.
Di daerah industri besar, antioksidan kopi banyak dikonsumsi. Hal ini terutama disebabkan oleh pola makan modern yang kekurangan makanan kaya antioksidan lainnya, seperti blueberry dan sayuran hijau gelap. Beberapa studi menunjukkan bahwa minum kopi setiap hari dapat membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit lainnya, seperti kanker dan diabetes tipe-2.
Meskipun antioksidan kopi memiliki berbagai manfaat kesehatan, kafein yang ditemukan dalam kopi hanya boleh dikonsumsi dalam jumlah moderat. Mereka yang megkonsumsi banyak kafein per hari mungkin mengalami denyut jantung cepat, sulit tidur, dan efek samping negatif lainnya. Wanita yang sedang menyusui harus berhati-hati mengenai konsumsi kafein mereka. Kopi tanpa kafein tersedia, meskipun kandungan antioksidan mungkin lebih rendah.
Jumlah dan konsentrasi antioksidan kopi akan sangat tergantung pada jenis kopi dan level roasting biji kopi. Biji kopi roasting gelap memiliki konsentrasi antioksidan tertinggi. Semakin lama kopi diseduh, semakin tinggi pula kandungan antioksidan, meskipun hal ini juga berlaku pada kandungan kafein.
Antioksidan kopi seringkali lebih ampuh dalam biji kopi segar. Kopi yang ditanam secara organik juga menawarkan manfaat tambahan, karena mereka tidak mengandung pestisida dan bahan karsinogenik lainnya. Sekarang, varietas tersebut telah banyak tersedia, dan mereka bisa ditemukan di supermarket dan toko makanan sehat.
Cara terbaik mendapatkan manfaat antioksidan adalah dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan dan minuman yang mengandung substansi ini. Teh, buah-buahan, dan sayuran mengandung berbagai jenis antioksidan. Suplemen makanan, seperti ekstrak teh hijau, dapat dibeli untuk tujuan yang sama.
Mereka yang peduli dengan kesehatan harus berkonsultasi dengan ahli gizi bersertifikat, ahli menu, atau dokter untuk mendapat bimbingan.
By kopidampit 

Related Posts:

0 Response to "Kandungan Antioksidan Dalam Kopi"

Post a Comment